Yuk Bekali Diri dengan Ilmu Untuk Cari Rezeki Halal !


Pada saat ini sudah banyak sekali konten-konten di internet seperti di Youtube seputar tentang bagaimana memaksimalkan rezeki (harta) yang bisa kita raih, bagaimana cara berinvestasi, bagaimana cara menabung, bagaimana cara berhutang. Tetapi sebagai muslim tentunya kita perlu kritis dan tidak bisa menelan mentah semua informasi tersebut karena kebanyakan hanya melihat dari sisi untung atau tidaknya dan mengabaikan aspek halal atau tidaknya. Sebelum mengerjakan sesuatu, kita perlu kritis untuk mengetahui aktivitas tersebut apakah halal atau tidak, riba atau tidak, gharar atau tidak, baru kemudian kita bisa mengamalkan hal tersebut untuk menambah pundi-pundi rezeki yang bisa diraih.

Nah, untungnya pada saat ini sudah banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya wawasan mengenai muamalah yang halal, maka dari itu sudah banyak pembuat konten yang selain memberikan tips keuangan, tips investasi, tips berdagang, tetapi tidak lupa dengan memberikan wawasan mengenai halal atau haramnya hal tersebut dan mudah-mudahan
semoga ke depan banyak financial planner yang mengedepankan hukum halal-haramnya dulu sesuai fatwa ulama yang kredibel, jadi tidak hanya sekedar menjelaskan untung tidaknya suatu aktivitas ekonomi (menabung, investasi, transaksi perdagangan, dll.), Karena pada dasarnya harta yang banyak belum tentu berkah.

Contohnya seperti Arli Kurnia, seorang praktisi wirausaha yang sebelum membagikan tips aktivitas keuangan/investasi, beliau juga sharing hukum aktivitas tersebut halal atau haram berdasarkan ilmu yang didapatkan dari para Ustadz, baru ditinjau dari segi resiko dan potensi keuntungan yang bisa dipetik. Beliau juga memberikan solusi alternatif aktivitas keuangan yang bisa kita lakukan dengan halal.

Kita juga sangat direkomendasikan untuk mengambil ilmu seperti dari Ust. Erwandi Tarmidzi, Ust. Ammi Nur Baits, dan Ust. Arifin Badri. InsyaAllah mereka punya kapasitas sebagai ahli fiqih muamalah yang ilmunya bisa kita ambil berkaitan dengan aktivitas ekonomi yang halal/haram. Kita bisa mengambil ilmu mereka melalui seminar/kajian rutin, buku yang mereka terbitkan, video full yang tersebar di youtube, artikel-artikel di website mereka, namun alangkah baiknya disempatkan untuk datang ke kajiannya langsung supaya lebih jelas dan apabila ada yang bingung bisa langsung ditanyakan kepada beliau-beliau ini.

Dengan akses internet yang sudah sangat mudah dan murah dan maraknya majelis-majelis ilmu terutama di kota besar, rasanya gak ada alasan untuk gak belajar hal-hal tentang rezeki mana yang halal atau haram. kalau ada niat Insyaallah pelan-pelan kita bisa paham, kita juga perlu menambah ilmu dengan ikut kajian atau berteman dengan orang-orang yang peduli hal tersebut supaya kita dapat pengaruh yang baik tentunya.

Karena selain rezeki yang cukup, tentunya rezeki yang kita dapatkan harus halal dan baik, gak mau kan ngasih makan orangtua, anak, istri pake harta yang gak jelas halal haramnya?, maka dari itu kita tidak boleh malas untuk cari tahu dan terus belajar InsyaAllah Allah bantu pahamkan dan beri jalan dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Yuk terus belajar, semoga Allah beri jalan, Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Tips Seleksi Rekrutmen HMDP Harmoni Panca Utama (HPU)

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di BNN, paling murah gan !!!

Rahasia Pemain Regen di Football Manager