Pengalaman dan Tips Seleksi Rekrutmen HMDP Harmoni Panca Utama (HPU)


Jadi HPU itu kepanjangannya Harmoni Panca Utama, sebuah perusahaan kontraktor tambang umurnya masih relatif muda dan sedang berkembang. HPU/HPMU punya beberapa site tambang, gak cuma batubara di beberapa daerah di kalimantan , tapi ada juga tambang nikel yang ada di pulau Obi, Maluku Utara.

Jadi salah satu program perusahaan ini adalah HMDP alias HPU Management Development Program, semacam program FGDP (Fresh Graduate Development Program, atau program MT (Management Trainee). HMDP ini adalah rekrutmen seleksi masuk HPU untuk para lulusan baru yang belum ada pengalaman kerja sama sekali, dan kedepannya diharapkan orang-orang yang lulus ke program HMDP bisa mengisi posisi-posisi strategis di perusahaan ke depannya. HMDP dibuka untuk beberapa divisi, antara lain Engineering, Operation, HSE, Finance, Plant, HCMGA, dll. Jadi gk cuman buat mahasiswa teknik, tapi mahasiswa K3, hukum, akuntansi, psikologi juga bisa mendaftar.

Untuk tahapan seleksinya di program HMDP 2019 ini cukup banyak sih, banyak menguras waktu, tenaga, pikiran, dan juga uang, hahaha. Jadi seleksinya ada beberapa tahap yaitu:

1) Seleksi Administrasi
Tahapan pertama ini, peserta perlu mengisi sebuah formulir di google form yang isinya tentang data diri, jurusan kuliah, IPK, dsb. pokoknya standar rekrutmen perusahaan pada umumnya, namun yang membedakan disini adalah untuk selesi HMDP juga peserta perlu bikin sebuah video perkenalan singkat (bebas boleh bahasa indonesia atau bahasa inggris), video perkenalan ini berisi poin perkenalan, latar belakang pendidikan, prestasi, dan alasan ingin bekerja di pertambangan/perusahaan tersebut. Selain itu juga kita perlu melampirkan surat keterangan bebas narkoba di form pendaftaran.

2) Seleksi Psikotes
Setelah sekitar seminggu, hasil seleksi administrasi diumumkan, peserta yang lolos akan diundang lewat sms atau email ke tahapan berikutnya yaitu psikotes, untuk psikotes ini standar seperti psikotes tes kerja pada umumnya, ada tes verbal, numerikal, pola deret angka, pola kubus yang diputar dan dibolak-balik, puzzle bidang 2 dimensi, ada juga tes koran dan juga tes kepribadian. Untuk psikotes gak terlalu sulit sih asalkan sudah terbiasa tes dan latihan aja, dan pastikan kondisi tubuh cukup istirahat dan sudah sarapan sebelum berangkat tes karena butuh fokus yang tinggi dan cukup menguras energi.

*FYI dari sejak psikotes sampe tahapan wawancara user jaraknya kurang dari seminggu, jadi lokasi tesnya tetap di seputaran UGM (meskipun bisa pindah gedung), jadi bagi yang berasal dari luar kota perlu nyiapin budget lebih untuk penginapan selama 2-6 hari atau bisa juga nebeng temen.

3) Interview HRD
Keesokan harinya setelah psikotes, peserta yang lolos selanjutnya diundang melalui email untuk maju ke tahap interview dengan bapak/ibu HR dari HPU, cukup banyak sih yang di-cut dari psikotes hampir setengahnya. Jadi di interview ini yang ditanya hanya seputar kepribadian dan yang tercantum di CV kita, seputar organisasi/pengalaman proyek yang kita miliki dan ditanya improvisasi apa yang dibutuhkan dalam organisasi/proyek/kepanitian yang pernah kita ikuti saat kuliah, juga ditanya seputar minat dan kesiapan bekerja di pertambangan.

Tips untuk interview HRD ini harus paham betul diri sendiri beserta kelebihan dan kekurangannya, kita juga perlu tau pengalaman/skill apa sih yang membuat kita punya nilai plus dibandingkan kandidat lain, jangan lupa juga untuk latihan interview agar ngomongnya lancar dan meyakinkan, tapi jangan sampai berbohong ya karena HR pasti bakal tau kalau kita bohong dan itu bakal sangat menurunkan kredibilitas kita.

4) LGD (Leaderless Group Discussion)
Setelah interview HRD, pada sore/malam harinya hasilnya langsung diumumkan, HR bakal ngundang peserta yang lolos untuk maju ke tahap LGD dimana di tahapan ini peserta bakal dikelompokan dengan 6-7 orang dengan latar belakang jurusan yang berbeda-beda untuk membahas suatu permasalahan dan mencoba mencari solusi dengan cara diskusi untuk mencari keputusan bersama, peserta akan diberikan sebuah case yang diundi dan juga masing-masing anggota akan mendapatkan role yang berbeda yang berdasarkan undian pula

Sebagai contoh, sebuah kelompok setelah diundi mendapatkan case tentang "Bagaimana cara perusahaan tambang bisa bertahan di tengah harga batubara global yang sedang turun?" Kemudian para peserta akan diundi dan masing-masing akan mendapatkan role berbeda, ada yang berperan sebagai Direksi Engineering, Direksi Finance, Direksi HR, Direksi Plant dsb. sehingga peserta perlu mengemukakan pendapat sesuai dengan role masing-masing.

Kemudian kita akan diberikan waktu sekitar 45 menit untuk berdiskusi hingga mendapatkan kesimpulan bersama, juri hanya akan mengamati dan menilai peserta tanpa mengintervensi.

Tips untuk LGD ini adalah tentunya harus banyak baca seputar isu-isu terkini supaya dapat memberikan opini yang berbobot dan sesuai dengan fakta, cara komunikasi juga harus dilatih seperti bagaimana caranya berbicara di depan kelompok, bagaimana caranya menyanggah pendapat orang, dan juga bagaimana sikap kita saat menyimak pendapat orang lain, disarankan agar dalam satu kelompok tidak ada yang terlalu mendominasi dan tidak ada yang terlalu pasif, dan juga jangan sampai memotong pembicaraan orang lain, dan merendahkan orang lain apabila pendapatnya bersebrangan dengan pendapat kita.

5) Interview User
Setelah LGD selesai, pada malam harinya hasilnya akan diumumkan, peserta yang lolos LGD akan diundang untuk interview User di keesokan harinya, pada tahapan ini peserta akan diwawancara oleh calon atasannya di perusahaan apabila lolos dan jadi pegawai disana, bisa manager atau department head, untuk interview user ini lebih ditanya tentang hal yang sifatnya teknis, seputar skripsi dan studi kasus yang terjadi di pertambangan secara umum, dan pertanyaan tentang kepribadian dan hal yang tercantum di CV juga masih ditanya.

Tips untuk Interview User ini usahakan untuk kembali mempelajari skripsi, teknis pertambangan secara umum sesuai dengan divisi/posisi yang dilamar, perbanyak wawasan mengenai jobdesc posisi yang di lamar. Sangat penting untuk punya CV yang powerful, apabila punya prestasi, pengalaman proyek/skripsi yang sebidang, atau kompetensi software yang bisa diaplikasikan di perusahaan akan sangat menambah nilai plus.

6) Medical Check Up
Setelah sekitar semingguan, peserta yang lolos interview User akan dikirimi email dan diminta untuk melakukan MCU di klinik terdekat dengan domisili dengan biaya full dari perusahaan, untuk MCU ini cukup lengkap yang dites, antara lain tes darah setelah puasa, tes darah setelah makan, tes urin, tes audiometri dimana kita bakal masuk ke ruang kedap suara dan dikasih seperti headset dan ketika kita mendengar suara sekecil mungkin harus menekan tombol, tes EKG (rekam detak jantung dan nadi), tes respiratori, tes rontgen, tes penglihatan mata, tes tekanan darah, pengukuran tinggi-berat badan, cek ambeien, cek gigi, cek telinga apakah banyak kotoran atau tidak.

Tips Untuk MCU ini adalah menjaga pola makan beberapa hari/minggu sebelum MCU, kurangi makan junk food dan gorengan, perbanyak makan sayur dan buah, banyak minum air putih, olahraga yang ringan seperti jogging, jangan begadang, istirahat dan tidur yang cukup, bersihkan telinga dengan cutton bud. Ada baiknya beberapa hari sebelum MCU bisa melakukan tes sendiri ke klinik untuk sekedar tes kolesterol, gula darah, dan asam urat, untuk mengecek kesehatan kita dan menanggulanginya sebelum MCU.

Sekian untuk seleksi tes HMDP Harmoni Panca Utama, semoga bermanfaat dan semoga sukses !

Komentar

  1. terima kasih sudah membagikan pengalaman nya mas,sangat bermanfaat bagi peserta yang akan mengikuti program seperti ini jg

    BalasHapus
  2. untuk satu angkatan nya yang lolos berapa orang ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin angkatan saya 47 orang

      Hapus
    2. izin bertanya, setelah mas lolos, dan termasuk dari 47 orang tersebut, kegiatan apa saja yang dilakukan disana, dan bagaimana perkembangan karirnya? terima kasih

      Hapus
    3. kegiatannya ya dari awal Bintalsik sekalian training, kemudian ada jg gathering MT (sebelum covid), dan di site juga di awal orientasi dulu keliling semua departemen, kemudian nyari tema improvement dan diakhir nanti harus dipresentasikan di depan BOD dan manajer, tapi dibimbing jg disite sama senior MT dan juga para Kabag, untuk karirnya setelah lulus langsung pangkatnya Supervisor

      Hapus
  3. boleh minta nomer WA nya bang..? untuk sharing"..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa via email ya: mtrizki7@gmail.com , atau Linkedin: Muhammad Tri Rizki

      Hapus
  4. Lama proses dari awal sampai akhir itu kira2 brp Minggu/bulan ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu 2019, rekrutmen mulai April sampai ttd kontrak bulan Juni

      Hapus
  5. Permisi mas, saya tadi baru selesai mengikuti interview HR dan USER PT HPU, kalau mas berkenan, boleh kah saya tau username ig mas utk saya bisa bertanya2 mengenai PT HPU disana? 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa via email ya: mtrizki7@gmail.com , atau Linkedin: Muhammad Tri Rizki

      Hapus
  6. Permisi mas, saya boleh tanya2 lebih lanjut kah mengenai program ini? Kalau boleh saya mau tau akun sosmed mas utk saya tanya2 disana 🙏😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di BNN, paling murah gan !!!

Rahasia Pemain Regen di Football Manager