Kenapa sih lebih enak denger podcast daripada nonton youtube?

Belakangan ini saya ketagihan sama yang namanya podcast, apa sih podcast itu? Jadi podcast adalah sarana berbagi informasi, pengetahuan, pandangan, dan diskusi tentang berbagai tema (seperti pengembangan diri, edukasi finansial, pengetahuan populer, psikologi) yang disajikan dalam bentuk audio, dan bisa didengerin lewat soundcloud atau spotify, saya sih lebih suka spotify sih karena lebih familiar dan lebih rapi aja fitur khusus podcastnya.


Semenjak kenal yang namanya podcast di spotify, saya jadi jarang banget buka youtube yang biasanya hampir setiap hari mantengin video dari channel yang disubscribe, mungkin udah terlanjur nyaman sama yang namanya podcast, ada beberapa alasan kenapa sih saya lebih suka dengerin podcast sekarang dibanding mantengin youtube.

Yang pertama adalah, kalo di podcast kita bisa lebih fokus sama kualitas isi konten dan minim distraksi dari hal-hal lain, ya mungkin kalo di youtube kita bisa lihat si pembuat konten itu tampangnya gimana, cakep atau nggak, biasanya sih kalo cakep/cantik maka otomatis yang view banyak hahaha, tapi kalo di podcast hal seperti itu gak berlaku karena kita cuman bisa denger suaranya dan fokus ke kontennya aja, jadi bisa lebih objektif menilai kontennya bagus apa nggak.

Yang kedua adalah, konten-konten yang gak berfaedah kayak gosip, prank gak jelas seperti di youtube itu sulit ditemukan di podcast, jadinya dunia podcast terutama di spotify lebih aman dari kontaminasi konten-konten yang gak bermanfaat.

Yang ketiga adalah, dengerin podcast jauuuh lebih irit kuota internet karena gak perlu buffering video yang mana makin bagus resolusinya makin nyedot kuota pula dan podcast ini sangat-sangat hemat baterai, buat dengerin satu jam podcast nonstop aja baterai cuman berkurang 8-10 persen.

Dengan segala kelebihannya, podcast ini adalah media yang sangat cocok buat yang suka dengerin orang ngomong, dan fokus terhadap kualitas isi konten dan ingin menghindari distraksi dari konten-konten yang nirfaedah, semoga ke depannya dunia per-podcast-an terutama di indonesia makin maju dan makin variatif kontennya untuk memberi wawasan dan mengedukasi para pendengarnya. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Tips Seleksi Rekrutmen HMDP Harmoni Panca Utama (HPU)

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di BNN, paling murah gan !!!

Rahasia Pemain Regen di Football Manager