Pengalaman Pesantren Liburan YPIA Yogyakarta 2018-2019

Bismillahirrahmanirrahim, kali ini saya mau share tentang kegiatan pesantren liburan yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari atau biasa dikenal dengan YPIA, biar gak monoton mungkin saya nulisnya pake metode tanya jawab kayak FAQ kali ya biar lebih enak bacanya.

Apa sih pesantren liburan itu?

Pesantren liburan adalah kegiatan cukup padat yang isinya antara lain:

  • Bahasa Arab, dimana yang dipelajari adalah pelajaran dasar seperti Nahwu dan Sharaf, dijadwalkan pada ba'da subuh hingga pagi hari.
  • Daurah atau kajian, jadi daurah ini adalah kegiatan belajar Agama Islam yang dibimbing oleh Ustadz yang Insyaallah keilmuannya mumpuni dan memiliki pemahaman sesuai dengan Salafush Saleh. Yang diajarkan biasanya ilmu-ilmu yang esensial seperti Tauhid (mengesakan Allah), Manhaj (cara beragama), Aqidah, Tafsir surat pendek, ada juga materi tematik yang berkaitan dengan kepemudaan dan muamalah. biasanya daurah dijadwalkan dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore diselingi beberapa kali istirahat.
  • Tahsin atau memperbaiki/membaguskan bacaan Al-Qur'an, dijadwalkan pada ba'da isya hingga pukul setengah 10 malam.

Gimana caranya ikut pesantren liburan?

Silahkan follow medsosnya YPIA atau Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari, biasanya paling aktif di instagram, biasanya juga info pesantren liburan selalu dishare di grup-grup kajian. biasanya Pesantren liburan diadakan di pergantian tahun (bulan Desember-Januari), dan infonya biasanya sudah ada sebulan sebelum acara, jadi ketika udah ada infonya harus cepat-cepat daftar agar tidak kehabisan quota karena peminatnya cukup banyak dari Seluruh Indonesia, terutama Pulau Jawa.

Cara daftarnya cukup mudah kok, bisa menghubungi CP Panitia yang tercantum di pamflet, kemudian mengisi google form, dan mentransfer sejumlah uang untuk biaya penginapan, kitab, program bahasa arab, dan program tahsin.


Berapa biaya pendaftarannya?

Tenang aja, biaya pendaftarannya SANGAT SANGAT MURAH, jadi program pesantren liburan ini kan lamanya 3 minggu, untuk biaya penginapan cukup bayar Rp.50.000 dan itu pun setiap pagi dapat sarapan, Insyaallah sarapannya enak, biasanya lauknya telur, ikan, daging, ayam, udang, dll.

Bagi yang mengikuti program Tahsin cukup bayar Rp. 125.000 (Untuk biaya program + buku panduan)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Tips Seleksi Rekrutmen HMDP Harmoni Panca Utama (HPU)

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di BNN, paling murah gan !!!

Rahasia Pemain Regen di Football Manager