Menghargai Waktu = Jaminan Kesuksesan ?

Perlu diperhatikan bahwa artikel ini bukan berisi tips-tips atau wejangan gimana caranya menjadi sukses, penulisnya pun masih sangat jauh jadi kata sukses kok, di sini saya hanya ingin membagi pemikiran dan pandangan saya mengenai bagaimana cara seseorang itu bisa sukses berdasarkan pemikiran dan renungan saya pribadi, kuliah-kuliah umum yang telah saya ikuti dan buku-buku yang telah saya baca, bukan bermaksud menceramahi atau menggurui karena saya pun belum jadi apa-apa. jadi kalau ada kesalahan atau kekurangan mohon dikoreksi ya, mari kita belajar bersama-sama dan bertukar pikiran. biar lebih semangat dan menambah mood saat membaca, bisa sambil memutar lagu dari St.Lucia ini




Ada beberapa hal yang membedakan orang yang (akan) sukses dan tidak, baik itu dari sikap dan juga kebiasaan sehari-hari yang menurut saya salah satunya adalah:

Orang yang (Akan) Sukses Lebih Menghargai Waktunya

Sadarkah kita kalau semua orang di dunia ini memiliki jatah waktu per hari yang sama yaitu 24 jam ?, tidak ada istilah bahwa orang sukses per harinya memiliki waktu 30 jam, dan orang yang sukses memiliki enam jam lebih sedikit. Dari hal tersebut kita dapat berkesimpulan bahwa perbedaan orang yang akan sukses dan tidak adalah bagaimana cara pandang mereka terhadap waktu. Orang yang sukses (akan sukses) sangat mengagung-agungkan waktunya agar digunakan sebanyak mungkin untuk hal-hal yang bermanfaat. 

Cara pandang orang yang cenderung membawanya pada kesuksesan adalah dengan memandang bahwa "waktu adalah uang", istilah tersebut bukan berarti bahwa dengan memanfaatkan waktu maka kita akan memiliki lebih banyak uang secara langsung (beda kasusnya dengan waktu bagi pekerja yang memilih untuk lembur). Kita harus memandang bahwa "waktu adalah uang" berarti bahwa waktu adalah sesuatu hal yang berharga/harta layaknya uang. Bahkan saya berpendapat bahwa waktu jauh lebih penting daripada uang. karena dengan memiliki waktu kita bisa menghasilkan uang tetapi dengan uang kita tidak bisa membeli waktu.


Sadarkah kita kalau sebenarnya waktu lah harta yang paling berharga karena satu juta dollar pun tidak akan mampu mengembalikan waktu kita barang satu detik saja. Selain itu juga kita bisa mengutip arti dari Surat Al-Ashr di bawah ini.

  1. Demi masa 
  2. Sesungguhnya manusia itu benar – banar berada dalam kerugian 
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Bahkan Tuhan pun bersumpah "Demi Masa", itu berarti bahwa waktu memang benar-benar sesuatu yang sangat penting yang harus kita manfaatkan sebijak mungkin jika kita tidak mau binasa olehnya.

Saat anda sudah menghargai waktu maka ketika anda sudah memanfaatkan waktu anda dalam sehari dan target-target anda sehari itu tercapai maka akan ada kepuasan dalam hati, kita harus menyadari itu sebagai sebuah sukses kecil yang jika kita terus konsisten seperti itu maka sukses-sukses kecil tersebut akan terakumulasi dan pada saatnya nanti akan menjadi sukses yang besar yang kita impikan. Jika dalam sehari tersebut target-target kita gagal tercapai, maka kita akan merasa sangat berdosa karena tidak memanfaatkan waktu pada hari tersebut sebaik mungkin sesuai dengan rencana yang telah kita tuliskan pada timeline. Namun, jika kita tidak merasa berdosa sedikitpun ketika kita tidak melakukan apa-apa seharian maka ada yang salah dalam diri anda yang jika dibiarkan terus menerus hanya akan merugikan diri anda sendiri karena sifat kurang menghargai waktu anda.




Maka dari itu ayo kita manfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin dan memusuhi sifat menunda-nunda pekerjaan, salah satu caranya adalah dengan membuat timeline dan merinci to-do list dari kegiatan kita sehari-hari, anda bisa menggunakan sticky notes, aplikasi pada smartphone, atau buku catatan khusus untuk menulisnya, dengan seperti itu maka akan ada target yang harus kita capai setiap harinya sehingga kita fokus pada apa yang harus kita lakukan setiap harinya dan tidak membuang-buang waktu untuk sesuatu yang tidak termasuk ke dalam prioritas dan target yang ingin kita capai. Semoga sukses kawan !



Muhammad Tri Rizki
Semarang, 29 Mei 2017



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Bermain Game Di Komputer Menggunakan Stick PS

Pengalaman Test Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG)