Pengalaman Test Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG)

singkat aja ya tentang AMG. AMG itu kepanjangan dari Akademi Meteorologi dan Geofisika, sekarang namanya berubah jadi STTMKG, program studinya antara lain Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi, yang paling menarik adalah bahwa AMG atau STTMKG ini yaitu sekolah kedinasan dengan ikatan dinas, jadi pas lulus langsung kerja di BMKG dan diangkat jadi PNS. selain itu juga biaya kuliah disini gratis, malah dikasih uang saku :p , nih detilnya Beberapa keuntungan kuliah di AMG :
- Biaya kuliah 100% gratis.

- Mendapat tunjangan ikatan dinas (TID) tiap bulannya

- Setelah lulus D1 akan diangkat menjadi PNS di lingkungan BMKG

- Setelah PKL akan kuliah lagi 2 tahun untuk menyelesaikan progam D3 di AMG.

- Mendapat alat tulis secara gratis tiap semester.

- Terdapat poliklinik taruna tanpa dipungut biaya.

- Bisa melanjutkan S1 di UI dan ITB (beasiswa) setelah 3 tahun bekerja.

- Bisa mendapat beasiswa S2 di UI dan ITB setelah masa kerja minimal 5 tahun.



tapi peraturan akademiknya pun saya liat lumayan ketat. dan yang pasti yang minat ke AMG ini banyak banget dari seluruh Indonesia, tapi gak sebanyak pendaftar STAN atau STIS saya kira.

untuk masuk ke AMG ini ada beberapa tahap, mungkin 4 ya (saya lupa detilnya hehe), yang pertama itu tes seleksi nilai rapor, jadi kamu tinggal datang ke kampus AMG atau tempat lainnya yang telah ditetapkan tersebar di Indonesia, tinggal ngisi formulir, ngukur tinggi dan berat badan, dan ngisi form nilai rapor dan pilihan program studi di form LJK, udah. saya pun lolos ke tahap 2

tahap dua itu tes tertulis pilihan ganda dengan materi pendidikan pancasila, TPA, bahasa inggris, fisika, matematika, dan soal-soal psikologis, begitu kalo gak salah, saya pun mengisi lumayan lancar, untuk pendidikan pancasilanya menurut saya agak sulit, tapi untuk fisika dan matematika saya kira lebih mudah dari soal UN zaman saya (2013), terus yang terakhir soal psikologis itu kayaknya gak dihitung skornya kayaknya cuman diliat sikap kita berdasarkan pilihan yang kita ambil , saya pun beruntung lolos tahap 2, dari ratusan yang daftar prodi Geofisika di AMG pusat, yang lolos cuman sekitar 7 orang, alhamdulillah..

tahap selanjutnya ada tes fisik dan tes kesehatan lagi, tapi saya sendiri kurang tau detilnya karena saya gak ikut alias gak melanjutkan tes di AMG, karena udah ada yang lain :D


Komentar

  1. trus sekarang kuliah dimna? asal sekolahnya mana kak?

    BalasHapus
  2. alternatif buat anak saya nanti. Trims infonya

    BalasHapus
  3. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si No Hp
    085-313-330-576

    4 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 6 Bogor, Sudah 12 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si no HP Beliau: 085-313-330-576 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2015 kemarin saya melakukan komunikasi pembicaraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sepintas seperti agen calo cpns. Semoga praktek tak terpuji/kkn segera hilang dari muka bumi Indonesia. Aamiin yaa Allah YRA

      Hapus
  4. Stmkg mempertimbangkan tinggi badan atau tidak?

    BalasHapus
  5. Stmkg mempertimbangkan tinggi badan atau tidak?

    BalasHapus
  6. Yang keterima bener bener cuma 7orang?
    Kira Kira kuota pertahun taruna nya berapa ya di stmkg?

    BalasHapus
  7. sistem penilaiannya gimana ya??? jika benar ddapet point berapa, salah, tidak dijawab itu masing-masing berapa pointnya??

    BalasHapus
  8. (Kalau nggak salah) ga ada sistem minus sih...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Bermain Game Di Komputer Menggunakan Stick PS