Pengalaman Seleksi AFS

ini pengalaman hampir 2 tahun yang lalu yang baru saya pengen posting sekarang, bahkan sekarang pun udah lupa kepanjangan AFS itu apa -_-, yang jelas semacam program pertukaran pelajar selama hampir setahun ke beberapa negara di eropa, pada waktu seleksi saya milih Jerman, gak tau kenapa juga sih

saya tau ada program ginian dari seseorang yang sosialisasi ke sekolah tentang program AFS ini, dia ternyata alumni dari AFS yang udah ngalamin pertukaran pelajar ke Amerika selama setahun, terus ya dia cerita panjang lebar tentang pengalamannya, lumayan seru sih, apa salahnya iseng2 saya coba ikut seleksinya, cukup dengan beli pin seharga 50rb buat log ini di situsnya ngisi formulir dll.

FYI AFS ini seleksinya ada 3 tahap, yg pertama seleksi tulis yang materinya pengetahuan umum sama bahasa inggris, tes ini saya ikutin di Sukabumi, lumayan tesnya gak terlalu sulit sih, cuma butuh pengetahuan yang lumayan luas biar bisa jawab soal-soalnya, saya pun ngerjain dengan tanpa beban, ya anggap aja sebagai tes wawasan mungkin, pas di akhir bulan tiba pengumuman siapa aja yang lulus ke tahap 2 chapter Bogor (waktu itu sukabumi masuk chapter bogor), dan ada nomor peserta saya di daftar peserta yang lolos, mungkin sekitar 2-3 orang dari kota saya yang lolos saat itu, ngerasa beruntung sih sedikit.

kemudian saya mengurusi berkas-berkas untuk seleksi tahap 2 yg lumayan ribet dah, cukup males juga tapi ya gimana lagi, seleksi 2 saat itu di SMAN 1 Bogor, banyak saya liat kayanya banyak anak2 yang pinter, berkepribadian, dan gaul -_-, saya yg saat itu masih agak cuek jadi agak minder liat yg lain, tes di seleksi 2 ini adalah wawancara bahasa indonesia dan bahasa inggris, dan saya pun yg tadinya gak ada beban, jadi malah agak grogi, dan ngomong gak jelas -_-, alhasil hasilnya pun ketebak, GAK LOLOS, tapi gapapa sih, cuman buat pembelajaran aja kalo emang skill berbicara di depan orang lain dan rasa percaya diri itu emang mutlak harus dimiliki, dan akan berguna buat kedepannya nanti, sekian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Bermain Game Di Komputer Menggunakan Stick PS

Pengalaman Test Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG)