Tendangan Penalti Unik Ala Panenka


Buat yang nonton Portugal Vs Spanyol tadi pagi (28 Juni 2012) masih inget kan sama tendangan penalti Sergio Ramos.Ya, Ramos seakan ingin menendang bola dengan keras ke ujung gawang tapi ternyata ia mencungkil bolanya dan bola pun masuk ke arah tengah gawang. (btw tendangan sergio ramos ini untuk menebus dosa kala tendangan penaltynya terbang ke bulan saat melawan Bayern Muenchen di semi final UCL kemarin :D)
 nah, ternyata di EURO 2012 ini, tendangan penalti unik tersebut telah lebih dulu dilakukan Andrea Pirlo saat melawan Inggris kemarin. check this out !


Dan ternyata bukan Pirlo lah yang pertama kali melakukan hal tersebut, Zidane dan Totti sering melakukannya, tapi bukan mereka pula yang merupakan pelopor dalam menendang penalti dengan cara tersebut, melainkan pemain timnas Cekoslovakia ini, Antonin Panenka , Check this out !


Tendangan tersebut dilakukan pertama kali oleh Panenka saat laga final Euro 1976 melawan Jerman Barat. Saat itu sedang adu penalti dan saat giliran Panenka menendang, kiper Jerman Barat tertipu oleh tendangan Panenka dan tentunya membuat para penonton pada saat itu berdecak kagum. oleh karena itu tendangan penalti unik tersebut dikenal dengan sebutan penalti panenka hingga saat ini.

Mungkin tendangan seperti ini terlihat mudah dan enak untuk dilakukan, tetapi lihat pemain-pemain yang gagal melakukan hal serupa, check this out !


referensi : youtube, republika
credit to original publisher and original uploader





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Tips Seleksi Rekrutmen HMDP Harmoni Panca Utama (HPU)

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di BNN, paling murah gan !!!

Rahasia Pemain Regen di Football Manager