Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di BNN, paling murah gan !!!


Kali ini saya mau bahas tentang cara membuat SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba) di BNN, biasanya SKBN ini dibutuhkan sebagai salah satu syarat dalam melamar pekerjaan seperti CPNS, BUMN, atau beberapa perusahaan swasta.

Awalnya saya survei harga untuk pembuatan SKBN ini di beberapa rumah sakit di Jakarta harganya cukup mahal, kisaran 150-300 ribuan (semakin banyak parameter yang diuji maka semakin mahal). Akhirnya setelah tanya-tanya di salah satu forum di telegram saya dapat info bahwa di Jakarta, tempat yang bisa bikin SKBN dengan harga murah adalah di BNN Provinsi DKI Jakarta karena biaya pemeriksaan GRATIS, tapi kita harus mengeluarkan uang sebanyak Rp. 110 ribu untuk pembelian alat dengan 7 parameter yang diuji (kata bapak petugasnya sih paling lengkap). 7 parameter tersebut adalah Amphetamine, methaphetamine, cocaine, opioid, THC, benzodiazepine, dan K2. BNN ini melayani pembuatan SKBN di hari dan jam kerja pukul 08.30 s.d. 15.00. Oh iya kalau mau masuk ke gedung ini jangan lupa pakai sepatu ya, jangan pakai sandal, karena saya pas kesitu pake sandal jadi ditegur petugasnya hehe.

Untuk lokasinya, BNN Provinsi DKI Jakarta ini ada di Gedung Nyi Ageng Serang, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav. 22C, RT.2/RW.5, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan. Atau bisa buka di link ini https://maps.app.goo.gl/3JjgD . ingat ya, BNN Provinsi DKI Jakarta, bukan BNN Pusat Republik Indonesia, karena BNN Pusat yang ada di Cawang kabarnya udah gak nerima pembuatan SKBN lagi. Untuk yang biasa naik KRL bisa turun di stasiun Tebet dan dilanjut naik ojek ke lokasi, sekitar Rp. 8000 lah kalo bukan lagi rush hour. Saran saya datang pagi-pagi karena hanya 2-3 orang yang tes jadi tidak perlu menunggu lama buat tes.


Kalau sudah sampai di Lokasi, jangan buru-buru masuk ke gedung, kalau bisa tanya satpam dulu agar bisa diarahkan, jadi nanti sebelum masuk gedung, kita harus beli dulu alat dan tabung urin untuk test narkobanya di kantin sebelah gedung, harganya Rp. 110 ribu, setelah beli alatnya, masuk deh ke Gedung Nyi Ageng Serang dan naik lift sampai lantai 6, nanti kita akan ketemu petugas BNN dan kita harus nyerahin fotokopi KTP, dan nanti kita juga harus mengisi form yang dikasih oleh petugas dan ditanya dalam seminggu belakangan apakah ada konsumsi obat/vitamin atau nggak dan pembuatan SKBN untuk keperluan apa (contoh: melamar pekerjaan).

Alat tes narkoba

Setelah selesai mengisi form, nanti petugas akan mengarahkan kita ke toilet untuk pengambilan urin dan itu didampingi petugasnya, urin yang kita keluarkan harus dimasukan ke tabung urin untuk kemudian nanti alat untuk tes narkoba dimasukan ke dalam urin, kalau di alatnya menunjukan strip dua maka hasilnya negatif alias tidak menggunakan narkoba.


Hasil tes urin

Setelah dicek, maka kita disuruh nunggu sama petugasnya kurang lebih satu jam untuk pembuatan surat keterangan bebas narkobanya, akhirnya setelah menunggu satu jam, surat pun jadi dan bisa dipakai untuk melengkapi syarat melamar pekerjaan. Oh iya untuk SKBN dari BNN ini tidak ada keterangan masa berlakunya sampai kapan, tergantung kebijakan perusahaan tempat kita melamar aja sih untuk mengira-ngira SKBN yang kita punya masih bisa dipakai atau nggak.

Surat Keterangan Bebas Narkoba




Komentar

  1. izin bertanya ka, BNN Provinsi Jakarta itu kalo di google jalan tanah abang II ka?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Tips Seleksi Rekrutmen HMDP Harmoni Panca Utama (HPU)

Rahasia Pemain Regen di Football Manager