Kuliah di Inggris, Impian Terbesarku Lima Tahun Mendatang (Part 1)

Hi blogger, sudah hampir dua tahun lamanya gak nulis blog, kali ini saya sebagai penulis ingin mulai kembali aktif menulis dengan sebuah tulisan kecil mengenai mimpi untuk melanjutkan kuliah di Inggris, sambil baca tulisan ini saya menyarankan untuk mendengarkan lagu Bastille di bawah ini biar lebih semangat aja ;)



Kenapa sih harus kuliah lagi ?

Ilustrasi insinyur geologi di lapangan
Tujuan saya ingin melanjutkan kuliah lagi adalah untuk menambah ilmu pengetahuan saya yang sesuai dengan bidang yang saya minati, yaitu di bidang geologi teknik atau engineering geology. Saya ingin mengambil S2 karena saya rasa ilmu yang saya dapat saat S1 dirasa masih terlalu umum dan masih sebatas kulit-kulitnya saja. Selain itu saya ingin mengaplikasikan ilmu yang didapat saat S2 tersebut untuk menunjang karir saya nanti di bidang geologi teknik (meskipun saya belum terlalu yakin apakah teori di S2 bisa match jika diaplikasikan di industri secara langsung). Selain itu di masa yang akan datang saya juga bercita-cita untuk mengabdikan diri saya sebagai dosen untuk membagi seluruh ilmu yang telah saya dapatkan baik itu teori dari sekolah pascasarjana yang telah saya tempuh dan praktek secara langsung yang telah saya dapatkan setelah berpengalaman bekerja di perusahaan. Itulah tujuan utama saya ingin melanjutkan kuliah lagi ditinjau dari sudut pandang akademis.


Kenapa harus lanjut kuliah di Inggris ?

Memang ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan program studi pascasarjana yang saya minati, namun banyak alasan yang mendorong saya untuk bertekad ingin melanjutkan kuliah di luar negeri (baca: Inggris Raya atau UK), banyak hal dari negeri ini yang sangat saya kagumi antara lain:

  • Dengan kuliah di UK, saya bisa jalan-jalan ke banyak tempat yang keren dan menarik yang banyak tersebar di negeri Ratu Elizabeth ini yang dapat saya kunjungi selama menempuh studi di negara ini seperti Buckingham Palace yang sangat megah, Tower Bridge di London yang sangat romantis, Bigben yang sangat legendaris, serta tempat-tempat lain yang tak kalah bagusnya yang bisa anda lihat di sini. Tentunya saya dapat menjelajahi tempat-tempat tersebut saat masa senggang kuliah saya sekedar untuk menyegarkan pikiran dan memenuhi hasrat traveling saya.
    Tower Bridge dengan keindahan dan kemegahannya
  • Inggris merupakan salah satu negara dengan pendidikan tinggi terbaik di seluruh dunia, semua orang pasti tau apa itu Cambridge dan Oxford yang telah banyak melahirkan sosok-sosok penting dan hebat. Inggris memiliki standar pendidikan yang sangat tinggi dan hal tersebut memacu saya untuk belajar lebih keras lagi untuk dapat mengimbangi kegiatan perkuliahan yang dilangsungkan. untuk melihat peringkat universitas di UK anda bisa lihat di sini. Input yang baik secara logika akan menghasilkan output yang sama baiknya bukan ?
  • The British Museum, bukti kemajuan peradaban Inggris
    Kebudayaan dan peradaban Negara Inggris tergolong sangat maju, baik dibidang seni, pendidikan maupun teknologi. Di bidang teknologi penemu-penemu terkenal adalah James Watt (penemu mesin Uap), John Walker (penemu korek api), Michael Faraday (penemu dinamo), Edward Butler (penemu sepeda motor), Ernest Swinton (penemu tank), Frank Whittle (penemu mesin jet) , Newton (penemu Teleskop), Artwreght (penemu mesin tenun),dan George Stephenson (penemu lokomotif). Di bidang pendidikan dan kebudayaan, Inggris memiliki Museum the Victoria dan Albert Museum dan Perpustakaan (the British Library). Oxford dan Cambrigde adalah universitas tertua Inggris yang telah menghasilkan banyak ilmuwan. Negara Inggris mempunyai sistem pendidikan wajib yang bebas biaya. Kota london merupakan pusat kebudayaan dan memiliki sejumlah teater yang mempunyai reputasi internasional.
  • Inggris merupakan 'negara sepakbola', bagaimana atmosfer pertandingan langsung disana sungguh membuat saya penasaran, bagaimana hebohnya supporter sepakbola disana, saya sangat memimpikan untuk menonton langsung pertandingan Manchester United di Old Trafford, tim idola saya sejak kecil ! tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan sepanjang hidup jika saya bisa berada di sana suatu saat nanti.

 
Old Trafford, Stadion legendaris Manchester United


  • Dengan berkuliah di Inggris akan membuat saya terbiasa untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris dan berinteraksi langsung dengan para native speakers, hal tersebut akan membuat peningkatan yang sangat besar dalam keterampilan berbahasa inggris saya, dan hal yang menarik lainnya adalah aksen britishnya. Saya rasa penggila Harry Potter dan Sherlock Holmes pasti hafal betul bagaimana memikatnya aksen – aksen dari British sana. Aksen British seakan elegan, berkelas, santun, dan mungkin dalam mindset kita (terutama cewek-cewek), aksen itu aksen yang ‘Kerajaan Banget!’, anda bisa melihat bagaimana uniknya aksen british dengan menonton video di bawah ini.

Cukup sekian dulu untuk artikel ini, nanti akan saya lanjutkan di artikel Kuliah di Inggris, Impian Terbesarku Lima Tahun Mendatang (Part 2) atau bahkan akan ada Part 3 dengan bahasan antara lain:

  • Bagaimana caranya kuliah di Inggris ?
  • Beasiswa yang tersedia untuk kuliah di Inggris
  • Apa saja yang harus dipersiapkan untuk kuliah di Inggris ?
  • Pengembangan diri dan perubahan-perubahan yang diharapkan setelah selesai kuliah di Inggris


Ditulis oleh:
Muhammad Tri Rizki
Semarang, 28 Mei 2017

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Bermain Game Di Komputer Menggunakan Stick PS

Pengalaman Test Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG)