Inilah Kenapa Timnas Spanyol Selalu Berprestasi


Mungkin jika kita lihat faktor-faktor ini. kita tidak akan terkejut jika melihat Spanyol menciptakan sejarah luar biasa dengan menjuarai 3 turnamen besar berturut-turut. Check this out !

regenerasi yang lancar

Spanyol bisa dikatakan tidak ada habis-habisnya dalam menghasilkan pemain kelas dunia.
contoh : pengganti iker casillas apabila pensiun, sudah ada David De Gea, kiper potensial dari Man. United, di usianya yang masih menginjak 20 tahun, kualitasnya sudah tidak diragukan lagi meskipun konsistensi masih belum dimiliki.

di lini belakang ada jordi alba yang siap untuk menggantikan sepenuhnya peran Joan Capdevilla sebagai bek kiri. Pemain muda jebolan La Masia ini tampil mengagumkan di EURO 2012

di barisan tengah ada seorang javi martinez, bahkan Thiago Alcantara pun memiliki kualitas untuk nantinya memperkuat timnas spanyol

di lini striker, spanyol memiliki Alvaro Negredo dan Fernando Llorente, dan Iker Muniain, Adrian Lopez, dan Isaac Cuenca mungkin akan menjadi striker spanyol di masa depan

kedalaman squad yang luar biasa.

di posisi kiper ada : Casillas, Victor Valdes, Reina . dan yang luar biasanya mereka bertiga adalah kiper utama di tim-tim besar !
di posisi belakang ada nama-nama seperti Pique, Puyol, Arbeloa, Ramos, Alba, Capdevilla, Albiol, dll.
di posisi tengah yang sudah pakem milik Xavi-Busquets-Xabi Alonso, bisa juga diisi Fabregas, Javi Martinez, Thiago Alcantara.
di posisi depan : Villa, Torres, Silva, Pedro, Negredo, Llorente, Jesus Navas. Luar biasa bukan ?

nah, dengan pemain-pemain yang skillfull ini, pelatih bisa dengan leluasa menerapkan variasi taktik yang diinginkan. Spanyol tidak akan kesulitan untuk menerapkan strategi yang berbeda.

intensitas latihan yang tinggi

peraturan mengenai pembatasan jadwal latihan di Spanyol jauh lebih longgar dari pada di Inggris, itulah kenapa pemain-pemain Spanyol itu skillfull, dan tidak habis-habisnya Spanyol melahirkan pemain berkualitas dunia. Mereka mungkin rata-rata tinggi badannya hanya sekitar 170an cm yg notabene "pendek" untuk ukuran orang Eropa, tapi skill bermain mereka mereka  mampu menutupi kekurangan itu.

kebersamaan di squad spanyol

walaupun sebagian besar timnas Spanyol diisi oleh pemain-pemain dari Barcelona dan Real Madrid yang merupakan rival abadi. Namun jika sedang bermain untuk Spanyol, rivalitas itu sanggup mereka lupakan. Dan Walaupun beberapa pemainnya merupakan "orang Catalan" tapi buktinya mereka bermain sepenuh hati untuk Spanyol. Tidak seperti timnas lain yang termakan oleh ego masing-masing pemain bintangnya.

Prioritaskan Liga untuk pemain lokal dan pemain muda

sebagian besar pemain di Liga Spanyol adalah pemain Spanyol sendiri, mereka tidak membeli pemain asing, kecuali kalau benar-benar butuh dan berkualitas tinggi, Sebagian klub pun sudah mulai terus memainkan pemain-pemain muda mereka di tim utama dan itu semua hasil dari didikan akademi mereka yang hebat (contoh: La Masia) , bukti teranyar adalah ketika mereka menjuarai EURO U-21 beberapa tahun lalu. coba kita bandingkan dengan Liga Inggris yang sebagian besar diisi oleh pemain-pemain asing .

dari ulasan diatas, saya harap juga timnas Indonesia bisa meniru apa yang dilakukan Spanyol, memang tidak mudah dan butuh waktu lama. tapi apa salahnya untuk dicoba dari sekarang dan dibenahi aspek-aspek yang kurang dari yang terkecil dahulu. mulailah untuk membuat target minimal untuk juara piala AFF saja apakah bisa ?

Muhammad Tri Rizki

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Test Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG)

Trik Bermain Game Di Komputer Menggunakan Stick PS