Yuk, Manfaatkan Waktu Luang Berfaedah dengan Smartphone Kita!


Setiap orang punya jatah waktu 24 jam sehari, dan pastinya masing-masing punya kesibukan apakah itu bekerja atau belajar bagi yang masih sekolah atau kuliah, namun sesibuk apapun seseorang pasti punya waktu luang dalam sehari meskipun itu hanya 2-3 jam saja. 

Biasanya sih millenials di waktu sengangnya selalu main smartphone entah itu scroll-scroll instagram lah, main game online lah dsb.

Nah, alangkah baiknya waktu luang tersebut kita manfaatkan untuk kebaikan diri kita dan kita perlu tau apa saja sih kegiatan yang bisa kita lakukan di waktu luang tersebut dengan smartphone kita. Check this out!

1) Menambah Ilmu Agama
Sekarang sudah banyak channel di youtube dan spotify yang rutin mengupload konten kajian/ceramah dari para Ustadz yang membahas tentang islam, baik itu Aqidah, Fiqih, Sirah Nabawiyah dll., Tentunya tiap muslim perlu menambah ilmu agamanya di waktu luang sebagai prioritas utama karena ilmu agama ini gak cuma terpakai ketika kita hidup di dunia tapi dampaknya bisa abadi sampai ke akhirat nanti.

Rekomendasi saya untuk menambah ilmu agama ini bisa dari Ustadz seperti Ustadz Nuzul Dzikri, Ustadz Subhan Bawazier, Ustadz Najmi Umar Bakar, dsb. Sebagai contoh saya rekomendasikan beliau-beliau karena gaya bahasanya yang nyambung dengan anak muda sehingga gak bakal bosen dengernya, dan beliau-beliau cukup kredibel untuk diambil ilmunya, InsyaAllah.

Setiap hari kita bisa mendengar 1 materi full yang biasanya kurang lebih 1-2 jam. Ingat ya jangan mendengar materi yang terpotong-potong karena bisa gagal paham nantinya.

2) Menambah Wawasan Untuk Pengembangan Diri
Nah untuk hal ini, yang bisa kita lakukan adalah stalking postingan-postingan bermanfaat dari para professional, coach, trainer, yang sudah kita follow, biasanya mereka rutin membuat tulisan seputar dunia kerja, pengembangan diri, serta profesionalisme sehingga bisa menambah wawasan kita untuk nantinya diamalkan di dunia kerja kita.

Selain itu kita juga bisa download aplikasi podcast 'inspigo' di mana para professional dan 'orang-orang hebat' membagikan ilmunya melalui media audio podcast, temanya sangat beragam seperti public speaking, marketing, financial planning, dsb. Durasinya pun berkisar dari belasan hingga puluhan menit sehingga dapat disesuaikan dengan waktu luang kita atau bisa juga dilakukan dalam perjalanan pulang-pergi kantor sehingga daripada bingung kita bisa menambah ilmu dengan mendengarkan podcast.

3) Menambah Wawasan Umum
Nah kalau ini sifatnya lebih umum, lebih kepada menambah wawasan untuk memuaskan rasa ingin tahu kita tentang sesuatu dan juga agar kita punya banyak sekali bahan obrolan ketika kita ketemu orang baru supaya bisa lebih nyambung gitu.

Untuk menambah wawasan umum, saya menyarankan agar download app 'spotify' memfollow podcast-podcast yang sifatnya informatif (seperti podcast yang bahasannya tentang psikologi, energi, sosial budaya, finansial, pengetahuan umum, olahraga, kesehatan, dsb), daripada punya spotify cuma buat denger musik yang hanya menghibur sesaat lebih baik nambah wawasan bukan?

Selain spotify kita juga bisa subscribe channel-channel berfaedah di youtube, ingat ya bukan channel yang isinya prank gak jelas, gosip/cari sensasi, dsb. Tapi konten yang bener-bener bisa nambah wawasan kita seperti contohnya channel remotivi, asumsi, successbefore30, HRVlogger, ayomikir, hujan tanda tanya, kokbisa?, InspectHistory, BagiIlmu, dll.

Nah sebagai penutup dari saya, kebiasaan 'wasting time' seperti scroll instagram sampe mentok, liatin instastory orang lain sampai habis, main game online sampai lupa waktu lupa makan lupa tidur, baca berita yang sarat gosip dan cari sensasi adalah kebiasaan yang sangat-sangat bikin kita merugi, selain minim manfaat juga bakal bikin diri kita stuck disitu-situ aja. Jadi alangkah baiknya pelan-pelan kita ubah kebiasaan tersebut dengan cara merencanakan hal-hal apa aja sih yang bisa kita lakuin di waktu luang dan harus kita prioritaskan.

Sehingga kalau kita udah tau apa yang hal-hal apa saja yang harus dilakukan di waktu luang yang membawa manfaat, lama kelamaan hal itu akan jadi mindset agar kita lebih menghargai waktu dan membuat seminimal mungkin waktu kita terbuang sia-sia karena hal-hal gak berfaedah tadi. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan hal bermanfaat juga merupakan tanggung jawab dan rasa syukur kita pada Allah yang memberikan nikmat waktu luang ini.

Yuk kita manfaatkan waktu luang kita sebaik mungkin!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Tips Seleksi Rekrutmen HMDP Harmoni Panca Utama (HPU)

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di BNN, paling murah gan !!!

Rahasia Pemain Regen di Football Manager